Tak Semua Aku Dirayakan

Tak Semua Aku Dirayakan 

Oleh : Andiny Mesopiana

 

Semua Aku Dirayakanlagu dari Nadin Amizah diputar bergantian bersama barisan musik bergenre setipe dalam playlist bernamakan 'Niscala'. Bagi siapapun yang sedang bertanya, apa arti kata Niscala, tak ragu untuk kujawab arti dari Bahasa Sanskerta itu adalah Kekuatan, yang kumaknai untuk diriku sendiri.

 

Aku membenci kesedihan, mengurung segala emosi yang nyatanya sulit ku tahan. Banyak hal yang tak bisa ku katakan. Tapi, banyak hal yang selalu ku bayangkan. 

 

Mataku bagai dipertemukan pada rembulan, seakan membawaku pada sebuah perjalanan. Aku pernah berkeinginan untuk berhenti, memutar arah lalu kembali dan tak berekspetasi pada mimpi. Jarak membuatku mengerti pada setiap peran yang memiliki porsi. 

 

Jalan hidup seseorang memang tak semuanya sesuai ekspetasi, tapi usahaku kan membawanya pada ruang yang tampak seperti ilusi. Cintanya, kasih sayangnya, dan segala kebaikannya menumbuhkanku menjadi pribadi yang baik. Perasaan tulusnya memberikanku warisan berbentuk besar hati. 

 

Semua yang mengenalku tak pernah semengerti dirimu. Aku yang hilang arah, aku yang selalu mencari, dan kau yang terus disini. Ruang terbuka yang kau sediakan akan tetap menjadi genggaman tangan untukku. 

 

Semakin aku beranjak dewasa, aku mengerti apa yang hilang dan harus dicari. Kalau dunia memberiku kegagalan, seribu kali usahamu merayakan keberanianku. Tidak banyak yang kau rayakan, tapi aku merasakan.

 

Ketenangan membawaku teringat akan sebuah kedamaian. Aku lupa kapan terakhir kali aku merasakannya? Bahkan, kilas baliknya terasa oleh waktu. 

 

Perjalananku memberikan banyak warna dalam hidupku. Biru yang datang setelah kelabu, bagai cinta yang datang sehabis sendu. Warna merah bercampur putih, memadukan emosi yang diredam oleh kasih. Hal ini, mengubah prespektifku terhadap sesuatu. Hitam, tak selamanya pekat bagai warna dominan di antara lainnya. Hijau kumaknai akan kebahagiaan yang tercipta oleh sekadar apresiasi kecil di dalamnya.