Student Identities to be A Leading and Outstanding Writer: Dream or
Reality?
(Case Study in Indonesia University of Education’s Student)
By: RizkyMuhamadSubagja
(MahasiswaPKn/HMCH FPIPS UPI, Angkatan2012)
IndraKusumah
(2007:15), “Mahasiswamendapatkanberbagaigelar yang menggelegarsebagai “agent
of change”, “director of control”, “creative minority”,
“calonpemimpinbangsa”, dan lain sebagainya.
Berbagaiperubahandalampersimpangansejarahnegeriinisenantiasamenempatkanmahasiswadalamposisiterhormatsebagaipahlawannya,
bahkangerakan yang dibangunmahasiswadisebutsebagaipilardemokrasi yang kelima.Mahasiswamenjaditumpuanberbagaipihak.Merekaseringdisebutsebagaiharapanbangsa,
harapannegara, harapanmasyarakat,
harapankeluargabahkanharapandunia.Fungsidanperanmahasiswayaitusebagaiintelektualakademisi, cadanganmasadepan (iron stock), danagenperubah (agent of change)”.
harapankeluargabahkanharapandunia.Fungsidanperanmahasiswayaitusebagaiintelektualakademisi, cadanganmasadepan (iron stock), danagenperubah (agent of change)”.
DwiSiswoyo
(2007: 121), “Mahasiswaadalah orang yang belajardi perguruantinggi, baik di universitas,
institutatauakademi, mereka yang
terdaftarsebagaimurid di perguruantinggi”. DalamPeraturanPemerintah No.
30 Tahun 1990 dijelaskanbahwamahasiswaadalahpesertadidik yang
terdaftardanbelajarpadaperguruantinggitertentu.Merekaadalah orang-orang yang
secararesmimenimbailmu di Universitas, Institut, maupunSekolahTinggi.Dapatdisimpulkanolehpenulisbahwamahasiswayaituseseorang
yang sedangmenimbailmu di
perguruantinggimemilikiperanannyasebagaiinsanakademisigunamemperkayakhazanahilmupengetahuannyadanposisi
yang vital yaitumempunyaitanggungjawabsosialatausocial responsibility
agar mahasiswapekaterhadappermasalahandi
dalamlingkungansosialdanmemberikanberbagaisolusialternatifdaripermasalahan yang
terjadi.
Menulismerupakansalahsatu media
untukmemperdalamkhazanahkeilmuanmaupunmenambahwawasanberpikir.Rene Descartesberpendapat
“Cogito Ergo Sum
(Akuberpikirmakaakuada).Tuhantelahmemberikananugerahterindahbagihamba-Nyayaitusebuahotak
yang cerdasgunadiperuntukanberpikir agar iamenjadiinsanTuhan yang
memilikicakrawalailmupengetahuan yang mendalamuntukdigunakandalamkepentinganbangsadannegaranya.
Sebelumseseorangmenyelesaikantulisannyaidealnyaharusterlebihdahulumembacaberbagailiteraturgunamemperkayaistilah
kata danberdiskusi agar
mempertajammaupunmenambahbahanpembicaraandalamwujudtulisan.Denganmembacadanberdiskusisebelummenuangkanmelaluitulisannya,
secaratidaklangsungmeningkatkangemarmembaca agar
membukajendeladuniailmupengetahuandanmenumbuhkembangkansikapkritiswarganegaragunameningkatkankepekaanterhadaplingkungansosialdimanaiaberpijakdanseseorangmenjadimelekpolitikataupolitical
literacy.
Mahasiswadanmenulis,
duahal yang salingberkolerasisatudengan yang
lainnya.Mahasiswadenganmenulisbaikbentuknyaskripsi, artikel, essai, makalah,
proposal kegiatan, jurnalpenelitianmaupunpaperberartitelahmengaplikasikansalahsatuisiataupesandari
Tri Dharma
PerguruanTinggiyaitusebagaiinsanpeneliti.Urgensimenulisbagisegenapmahasiswayaitusalahsatuwahanaatau
media
untukmenyampaikanaspirasiataugagasannyabaikdalamlingkungankampusmaupuntataranketatanegaraansertabentukpenerapandemokrasi
yang baikdengancaramenyampaikanaspirasimelaluitulisanmelainkantidakmelaluiaksiataudemonstrasi.
IdentitasMahasiswa
yang terdepandanunggul (leading and outstanding) akanmenjadirealitasditandaidenganadanyakarakteristikjiwa
yang tangguhuntukmencapaicita-citaatautujuandirinya kea rah yang lebihbaiklagi,
salahsatucontohnyamahasiswagemarmembuatkaryatulisbaikilmiahmaupun popular,
semisalmengikutiperlombaan PKM (Program KreativitasMahasiswa), PMW (Program
MahasiswaWirausaha), PHBD (Program HibahBinaDesa) maupunkaryatulislainnya.MenurutAcepSuwarna
(Mahasiswa Prodi IPAI FPIPS UPI, Angkatan 2012, AktivisPenulisBukudan Lolos PMW
UPI) berpendapatbahwamahasiswadenganmenulisbergunauntuklebihmemahamidanmengingathasilbacaannya,
menambahkreatifitas, sertameningkatkanwawasanberpikir. Dari analisispendapattersebutbahwamahasiswadenganmenulisakanmenumbuhkembangkanwawasanpemikiran,
lebihmemudahkanmahasiswauntukmengingatdanmemahamihasilbacaannya,
sertamendorongkreatifitasmahasiswauntuklebihinovatifdalammembuatsuatumahakarya
yang iatuangkanmelaluigagasanatau ide tertulisnya.
DaftarPustaka
Kusumah,
Indra. 2007. RisalahPergerakanMahasiswa. Bandung: INDYDEC PRESS.
PeraturanPemerintah
No. 30 Tahun 1990.
Siswoyo,
Dwi, dkk. 2007. IlmuPendidikan. Yogyakarta:
UNY Press.