Student Identities to be A Leading and Outstanding Writer: Dream or Reality?
(Case Study in Indonesia University of Education’s Student)
By: RizkyMuhamadSubagja
(MahasiswaPKn/HMCH FPIPS UPI, Angkatan2012)



IndraKusumah (2007:15), “Mahasiswamendapatkanberbagaigelar yang menggelegarsebagai “agent of change”, “director of control”, “creative minority”, “calonpemimpinbangsa”, dan lain sebagainya. Berbagaiperubahandalampersimpangansejarahnegeriinisenantiasamenempatkanmahasiswadalamposisiterhormatsebagaipahlawannya, bahkangerakan yang dibangunmahasiswadisebutsebagaipilardemokrasi yang kelima.Mahasiswamenjaditumpuanberbagaipihak.Merekaseringdisebutsebagaiharapanbangsa, harapannegara, harapanmasyarakat,
harapankeluargabahkanharapandunia.Fungsidanperanmahasiswayaitusebagaiintelektualakademisi, cadanganmasadepan (iron stock), danagenperubah (agent of change)”.
DwiSiswoyo (2007: 121), “Mahasiswaadalah orang yang belajardi  perguruantinggi, baik di universitas, institutatauakademi, mereka yang  terdaftarsebagaimurid di perguruantinggi”. DalamPeraturanPemerintah No. 30 Tahun 1990 dijelaskanbahwamahasiswaadalahpesertadidik yang terdaftardanbelajarpadaperguruantinggitertentu.Merekaadalah orang-orang yang secararesmimenimbailmu di Universitas, Institut, maupunSekolahTinggi.Dapatdisimpulkanolehpenulisbahwamahasiswayaituseseorang yang sedangmenimbailmu di perguruantinggimemilikiperanannyasebagaiinsanakademisigunamemperkayakhazanahilmupengetahuannyadanposisi yang vital yaitumempunyaitanggungjawabsosialatausocial responsibility agar mahasiswapekaterhadappermasalahandi dalamlingkungansosialdanmemberikanberbagaisolusialternatifdaripermasalahan yang terjadi.




Menulismerupakansalahsatu media untukmemperdalamkhazanahkeilmuanmaupunmenambahwawasanberpikir.Rene Descartesberpendapat “Cogito Ergo Sum (Akuberpikirmakaakuada).Tuhantelahmemberikananugerahterindahbagihamba-Nyayaitusebuahotak yang cerdasgunadiperuntukanberpikir agar iamenjadiinsanTuhan yang memilikicakrawalailmupengetahuan yang mendalamuntukdigunakandalamkepentinganbangsadannegaranya. Sebelumseseorangmenyelesaikantulisannyaidealnyaharusterlebihdahulumembacaberbagailiteraturgunamemperkayaistilah kata danberdiskusi agar mempertajammaupunmenambahbahanpembicaraandalamwujudtulisan.Denganmembacadanberdiskusisebelummenuangkanmelaluitulisannya, secaratidaklangsungmeningkatkangemarmembaca agar membukajendeladuniailmupengetahuandanmenumbuhkembangkansikapkritiswarganegaragunameningkatkankepekaanterhadaplingkungansosialdimanaiaberpijakdanseseorangmenjadimelekpolitikataupolitical literacy.
Mahasiswadanmenulis, duahal yang salingberkolerasisatudengan yang lainnya.Mahasiswadenganmenulisbaikbentuknyaskripsi, artikel, essai, makalah, proposal kegiatan, jurnalpenelitianmaupunpaperberartitelahmengaplikasikansalahsatuisiataupesandari Tri Dharma PerguruanTinggiyaitusebagaiinsanpeneliti.Urgensimenulisbagisegenapmahasiswayaitusalahsatuwahanaatau media untukmenyampaikanaspirasiataugagasannyabaikdalamlingkungankampusmaupuntataranketatanegaraansertabentukpenerapandemokrasi yang baikdengancaramenyampaikanaspirasimelaluitulisanmelainkantidakmelaluiaksiataudemonstrasi.
IdentitasMahasiswa yang terdepandanunggul (leading and outstanding) akanmenjadirealitasditandaidenganadanyakarakteristikjiwa yang tangguhuntukmencapaicita-citaatautujuandirinya kea rah yang lebihbaiklagi, salahsatucontohnyamahasiswagemarmembuatkaryatulisbaikilmiahmaupun popular, semisalmengikutiperlombaan PKM (Program KreativitasMahasiswa), PMW (Program MahasiswaWirausaha), PHBD (Program HibahBinaDesa) maupunkaryatulislainnya.MenurutAcepSuwarna (Mahasiswa Prodi IPAI FPIPS UPI, Angkatan 2012, AktivisPenulisBukudan Lolos PMW UPI) berpendapatbahwamahasiswadenganmenulisbergunauntuklebihmemahamidanmengingathasilbacaannya, menambahkreatifitas, sertameningkatkanwawasanberpikir. Dari analisispendapattersebutbahwamahasiswadenganmenulisakanmenumbuhkembangkanwawasanpemikiran, lebihmemudahkanmahasiswauntukmengingatdanmemahamihasilbacaannya, sertamendorongkreatifitasmahasiswauntuklebihinovatifdalammembuatsuatumahakarya yang iatuangkanmelaluigagasanatau ide tertulisnya.


DaftarPustaka
Kusumah, Indra. 2007. RisalahPergerakanMahasiswa. Bandung: INDYDEC PRESS.

PeraturanPemerintah No. 30 Tahun 1990.

Siswoyo, Dwi, dkk. 2007. IlmuPendidikan. Yogyakarta: UNY Press.